• Biologi

    Biologi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan logos yang berarti pengetahuan.Jadi ilmu biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan.Biologi adalah ilmu yang erat sekali kaitannya dengan dengan manusia sebagai makhluk hidup.

  • eBioLearning

    Wahana pembelajaran yang berbasis web, yang berisi tentang konsep- konsep pembelajaran dalam Biologi. eBiolearning mencakup materi- materi pembelajaran kelas XI, yang disertai dengan video, animasi dan tutorial online yang dapat memfasilitasi kamu belajar biologi. Wahana lain yang bisa kamu temukan disini adalah wahana diskusi, chatting, zona artikel dan zona- zona kesenangan lainnya yang hanya bisa kamu dapatkan disini……LET’s COME JOIN US..

  • Tujuan eBiolearning

    Memudahkan kalian dalam belajar Biologi, dengan kemudahan layanan fasilitas yang disediakan. Menggali kemampuan kalian dan menambah wawasan kalian dalam Biologi untuk kepentingan dimasa yang akan datang. Fasilitas yang disediakan dibuat menarik dan interaktif.

  • eForum Diskusi

    Dibentuk untuk memfasilitasi kalian dalam berinteraksi dengan teman- teman kalian yang lain, jadi selain kamu dapat ilmu kamu juga bisa menambah teman dalam wahana yang belum pernah kamu temukan

  • Siswa Hebat, Kreatif dan inovatif

    Motto inilah yang akan mengiringi kalian selama kalian memasuki zona dan wahana arena “Bermain dan Belajar”…..Apakah Kamu Albert Einnstein berikutnya….????

Struktur Hati
Gambar 1

     Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh, terdapat di rongga perut sebelah kanan atas, berwarna kecoklatan. Hati mendapat suplai darah dari pembuluh nadi (arteri hepatica) dan pembuluh vena porta dari usus. Hati dibungkus oleh selaput hati (capsula hepatica). Hati terdapat pembuluh darah dan empedu yang dipersatukan selaput jaringan ikat.
      Hati juga berperan dalam perombak sel darah merah yang telah tua disebut histiosit. Hati disebut juga sebagai alat ekskresi di samping berfungsi sebagai kelenjar dalam sistem pencernaan. Hati menjadi bagian dari sistem ekskresi karena menghasilkan empedu. Hati juga berfungsi merombak hemoglobin menjadi bilirubin dan biliverdin, setelah mengalami oksidasi akan berubah jadi urobilin yang memberi warna pada feses menjadi kekuningan. Demikian juga kreatinin hasil pemecahan protein, pembuangannya diatur oleh hati kemudian diangkut oleh darah menuju ginjal. Zat warna empedu terbentuk dari rombakan eritrosit yang telah tua atau rusak akan ditangkap histiosit selanjutnya dirombak dan haemoglobinnya dilepas. Cairan empedu yang dihasilkan hati kemudian ditampung dalam kantung empedu dan disalurkan ke usus dua belas jari melalui saluran empedu.

Fungsi Hati
Selain sebagai alat ekskresi, hati juga berfungsi:
  1. Mengatur kadar gula dalam darah
  2. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen
  3. Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh
  4. Sebagai tempat pembuatan protombin dan fibrinogen
  5. Sebagai tempat pengubah provitamin A menjadi vitamin A
  6. Sebagai tempat pembentukan urea


    Kelainan Organ Hati
    1. Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh virus. Ada virus hepatitis A dan ada virus hepatitis B. Hepatitis B lebih berat daripada hepatitis A.
    2. Sirosis Hati
         Gangguan pada organ hati tentu akan menimbulkan efek atau dampak yang sangat besar bagi manusia, sebagai langkah awal untuk terhindar dari gangguan pada fungsi hati tentu kita harus membiasakan pola hidup yang sehat. Selain itu juga pengetahuan tentang gejala- gejala yang menjadi tanda adanya gangguan pada organ hati, maka kita pun tentu harus memiliki pengetahuan tentang hal tersebut.



      SETELAH KALIAN MEMBACA PENJELASAN TENTANG ORGAN HATI DALAM SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
      Silahkan Persiapkan diri kalian untuk belajar DAN TES AKHIR, SENIN 21 MARET 2011


      2 komentar to "Sistem Ekskresi - Hati/ Hepar"

      Posting Komentar