• Biologi

    Biologi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan logos yang berarti pengetahuan.Jadi ilmu biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan.Biologi adalah ilmu yang erat sekali kaitannya dengan dengan manusia sebagai makhluk hidup.

  • eBioLearning

    Wahana pembelajaran yang berbasis web, yang berisi tentang konsep- konsep pembelajaran dalam Biologi. eBiolearning mencakup materi- materi pembelajaran kelas XI, yang disertai dengan video, animasi dan tutorial online yang dapat memfasilitasi kamu belajar biologi. Wahana lain yang bisa kamu temukan disini adalah wahana diskusi, chatting, zona artikel dan zona- zona kesenangan lainnya yang hanya bisa kamu dapatkan disini……LET’s COME JOIN US..

  • Tujuan eBiolearning

    Memudahkan kalian dalam belajar Biologi, dengan kemudahan layanan fasilitas yang disediakan. Menggali kemampuan kalian dan menambah wawasan kalian dalam Biologi untuk kepentingan dimasa yang akan datang. Fasilitas yang disediakan dibuat menarik dan interaktif.

  • eForum Diskusi

    Dibentuk untuk memfasilitasi kalian dalam berinteraksi dengan teman- teman kalian yang lain, jadi selain kamu dapat ilmu kamu juga bisa menambah teman dalam wahana yang belum pernah kamu temukan

  • Siswa Hebat, Kreatif dan inovatif

    Motto inilah yang akan mengiringi kalian selama kalian memasuki zona dan wahana arena “Bermain dan Belajar”…..Apakah Kamu Albert Einnstein berikutnya….????

Hati (Hepar)


Hati terletak disebelah kanan atas rongga perut di bawah diafragma.Beratnya sekitar 1,5 kg atau 2,5% dari bagian tubuh kita. Hati dibagi menjadi dua bagian oleh ligamen fasiliformis, yaitu bagian lobus kanan dan kiri. Pada bagian kanan terdapat lobus kaudatus dan lobus kuadratus. Hati disuplai oleh pembuluh darah diantaranya:
  • vena porta hepatica yang berasal dari lambung dan usus, pada vena porta hepatica miskin kandungan oksigen tetapi kaya akn bahan nutrisi makanan, diantaranya asam amino, monosakarida dan vitamin yang larut dalam air.
  • Arteri hepatika kaya akan kandungan oksigen.
Hati memegang peranan penting dalam dalam proses metabolism nutrisi makanan diantaranya berupa karbohidrat, lemak dan protein agar nutrisi makanan tersebut dapat diserap dengan mudah dalam bentuk molekul yang lebih sederhana.
Monosakarida glikogen

Glikogenesis
Glikogen Glukosa

Glikogenolisis

Dalam sistem pencernaan makanan hati berfungsi sebagai organ sekresi, sedangkan didalam sistem ekskresi hati berfungsi sebagai organ eksresi. Fungsi hati dalam sistem ekskresi adalah untuk menghasilkan cairan berupa garam- garam empedu yang dapat mengemulsikan lemak, asam empedu, kolesterol fosfolipid, zat pigmen (warna) empedu (bilirubin dan biliverdin).

Fungsi Hepar:

1.      Sebagai penyimpan gula dalam bentuk glikogen
2.      Sebagai tempat penetralan zat racun dan membunuh kuman/Detoksifikasi.
3.      Sebagai tempat perombakan sel darah merah
4.      Sebagai tempat perombakan protein tertentu dan pembentukkannya, seperti  
mengubah amonia menjadi ureum.
5.      Sebagai tempat perubahan provitamina menajdi vitamin A.
6.      Sebagai tempat penghasil cairan empedu (bilirubin dan biliverdin).
7.      Menghasilkan heparin yang berfungsi sebagai anti pembekuan darah


0 komentar to "Hepar (Hati)"

Posting Komentar